-->

7 Tips Persiapan Ibu Hamil Sebelum Proses Melahirkan


Melahirkan merupakan salah satu proses yang harus dialami seorang wanita untuk dapat menjadi seorang ibu kandung. Prosesnya yang sangat menyakitkan menjadikannya setara dengan seseorang yang melakukan perang di jalan Allah. Karena seorang wanita yang meninggal usai melahirkan, berpeluang untuk mendapatkan mati syahid yang didambakan oleh sebagian besar umat Islam. Oleh karena itu, jihadnya seorang wanita yang sebenarnya adalah menjadi seorang ibu bagi anak-anaknya, mulai dari mengandung, melahirkan, hingga mengasuh anak-anaknya untuk mengantarkannya menuju jalan yang diridloi Allah.
Membahas tentang proses melahirkan, tentu perlu ada persiapan sebelumnya agar selama proses melahirkan dapat berjalan dengan lancar. Berikut ini adalah beberapa tips untuk ibu hamil sebelum melahirkan yang kami ambil dari berbagai referensi dan ditambah dengan beberapa hal yang kami alami:
1.     Olahraga teratur
Untuk dapat melahirkan normal, dibutuhkan fisik yang cukup kuat, terutama dalam hal pernafasan. Usahakan untuk melakukan olahraga ringan setiap hari, beberapa contohnya yaitu: berjalan, bersepeda, dan olahraga ringan lainnya. Lakukan selama 30 menit setiap harinya dan tidak perlu terburu-buru, konsultasikan kepada dokter Anda, olahraga apa yang cocok untuk Anda lakukan.
2.     Konsumsi makanan sehat
Jika Anda termasuk orang yang terlalu memilih dalam menikmati makanan maka sebaiknya Anda harus segera berubah demi kebaikan Anda dan bayi Anda. Konsumsi makanan yang banyak mengandung vitamin dan protein. Hal ini akan sangat membantu kelancaran proses persalinan Anda. Beberapa contoh rekomendasi makanan yang Anda konsumsi, diantaranya: sayur-sayuran, buah-buahan, jus tanpa es dan susu, susu kambing, madu, sari kurma, dan sebagainya.
3.     Persiapkan pakaian dan perlengkapan untuk Anda dan buah hati
Tentunya calon buah hati kita kelak butuh pakaian dan perlengkapan untuk mencukupi kebutuhan hariannya. Segera persiapkan jika memang sudah ada dananya dan Anda sudah mengetahui jenis kelamin calon buah hati Anda. Beberapa contoh perlengkapan yang perlu Anda siapkan, contohnya: baju khusus untuk menyusui, sambungan puting susu, pakaian yang sesuai, popok, alat mandi bayi, bak mandi, dan perlengkapan lainnya. Sambungan puting susu dapat dibeli di apotek dan sebagian besar dibutuhkan untuk ibu yang melahirkan anak pertama, karena  umumnya puting mereka masih terlalu pendek untuk dihisap oleh bayi.
4.     Persiapkan dan buat checklist barang yang dibawa ketika persalinan
Siapkan perlengkapan apa saja yang perlu Anda bawa ketika persalinan, entah itu jika persalinan di bidan atau di rumah sakit. Setelah itu buat daftar cek barang agar barang-barangnya tidak ada yang tertinggal.
5.     Perbanyak shalat Sunnah
Shalat ternyata memiliki banyak manfaat untuk kesehatan, salah satunya ketika seorang wanita hamil. Khususnya posisi sujud ketika shalat, posisi ini sangat dibutuhkan wanita hamil agar proses melahirkannya dapat berjalan normal. Dan lebih khusus lagi ketika kehamilan sudah mendekati proses persalinan
6.     Perbanyak kegiatan positif dan hindari perbuatan negatif
Salah satu kegiatan positif yang dapat sering dilakukan wanita hamil adalah dengan banyak membaca Al-Quran. Hal ini akan menjadikan anak Anda memiliki kecerdasan emosional yang lebih baik. Selain itu penelitian membuktikan bahwa bacaan Al-Quran dapat menenangkan janin. Hindari juga perbuatan negative seperti berbohong, mengumpat, marah, dan hal-hal negatif lainnya karena hal ini juga berpengaruh pada akhlak anak Anda kelak.
7.     Jangan lupa berdoa
Setelah ikhtiar kita maksimalkan, jangan lupa untuk banyak berdoa kepada Allah agar diberikan kelancaran menjalani proses melahirkan. Mohon juga kepada Allah agar kelak diberikan anak yang sehat, berakhlak mulia, dan berbakti kepada orang tua serta Allah dan RasulNya.
Sekian yang dapat kami sampaikan pada kesempatan kali ini. Semoga ada manfaat yang dapat diambil dari tulisan singkat ini.