Berbagai Icon Sosial Media di Indonesia (macword.com) |
Di era
digital seperti saat ini, sosial media sudah menjadi hal yang mainstream di
kalangan masyarakat. Bahkan, sebagian besar orang menjadi sangat ketergantungan
dengan keberadaan sosial media. Banyak orang yang sangat bingung ketika sosial
medianya tidak bisa diakses atau mengalami gangguan. Dan tidak jarang ada yang
sampai mengumpat, memarahi operator seluler, dan hal-hal konyol lainnya yang
mereka lakukan. Padahal ketika dulu sebelum adanya sosial media, mereka tidak
pernah melakukan hal-hal seperti itu. Di sisi lain, sosial media juga dapat
menjadi ladang bisnis baru bagi sebagian besar orang. Karena begitu ramainya
orang yang berada di sosial media, hal ini menciptakan peluang bisnis baru
untuk mereka yang punya strategi dalam penjualan. Kemudahan cara berpromosi dan
transaksi di sosial media menjadikan siapapun dapat berjualan dan bertransaksi
di sosial media. Namun, tentunya semua ini butuh strategi. Tanpa adanya
strategi, penjualan kita akan sangat lambat bahkan tidak menghasilkan sama
sekali.
Pada
kesempatan kali ini, Kami akan coba ulas beberapa strategi yang dapat Anda
terapkan sesuai dengan kekhasan dari masing-masing sosial media yang ada.
Karena setiap sosial media punya keunggulan dan kelemahan masing-masing, jika
kita tidak jeli dalam mempertimbangkan fitur-fiturnya kita hanya akan dibuat
menyerah dari berjualan di sosial media.
1. Facebook
Tampilan Facebook (pcmag.com) |
Facebook
merupakan sosial media dengan pengguna terbesar di Indonesia. Tentunya ini
menjadi nilai tambah bagi para pedagang online untuk menjual barangnya. Namun
sayangnya karena terlalu banyaknya pengguna di Facebook, Anda harus cerdas dalam
berpromosi di facebook. Jika Anda tidak ingin keluar modal banyak di Facebook,
Anda bisa menggunakan metode nonpaid. Hanya saja Anda harus bersabar
jika menggunakan metode ini karena kunci dari metode ini adalah Anda harus bisa
menguasai edgerank di beranda Facebook Anda. Mudahnya, Anda harus bisa
sering muncul di beranda teman-teman Facebook Anda. Untuk meningkatkan edgerank,
hal yang harus Anda lakukan adalah membangun silaturrahiim yang baik
dengan teman-teman Anda di Facebook. Bisa dengan cara menyapa pengguna yang
sedang Online, berkomentar di status teman, dan juga mengucapkan selamat
ulang tahun ketika ada yang ulang tahun. Selain itu juga, Anda harus
banyak menjalin pertemanan dengan lebih banyak orang agar jualan Anda juga
semakin banyak jangkauan.
Strategi
kedua yaitu menggunakan strategi berbayar, yaitu menggunakan fitur Facebook
Advertisement atau biasa disingkat FB Ads. Kunci dari metode ini adalah
Anda harus menguasai demografi dan minat dari calon pembeli Anda. Dengan
demikian Anda akan sukses berjualan di Facebook.
2. WhatsApp
Tampilan WhatsApp Messenger (androidpolice.com) |
Sebenarnya
WhatsApp lebih sering digunakan untuk komunikasi secara personal dan grup-grup
komunitas, namun semenjak adanya fitur baru berupa “Status”, WhatsApp kini
mulai banyak digunakan untuk berjualan. Saran Kami agar Anda sukses berjualan
di WhatsApp adalah simpanlah nomor sebanyak-banyaknya teman Anda yang memiliki
akun WhatsApp, setelah itu bangun komunikasi dan hubungan baik dengan mereka.
Karena di WhatsApp, orang yang bisa melihat status kita hanya orang yang sudah
menyimpan nomor kontak kita dan kita juga sudah menyimpan nomor kontak mereka.
Setelah itu, barulah Anda persering melakukan promosi di fitur Status WhatsApp.
Dan rekomendasi Kami, produk yang Anda jual di WhatsApp adalah produk yang
dibutuhkan oleh sebagian besar teman Anda, bukan produk yang hanya laris di
pasaran karena berjualan di WhatsApp sepertinya masih semi Online.
3. Instagram
Tampilan masuk instagram (androidtipster.com) |
Sosial media
terbesar di Indonesia selain Facebook dan WhatsApp adalah Instagram. Sosial
media ini lebih fokus pada gambar dan video. Rekomendasi Kami agar Anda sukses
berjualan di Instagram adalah berkaitan erat dengan waktu posting dan
jumlah follower. Anda harus perhatikan benar kapan waktu yang tepat
untuk posting jualan karena tidak seperti Facebook yang menggunakan edgerank,
Instagram menggunakan timeline untuk menampilkan kontennya, jadi yang
paling atas di beranda pengikut Anda adalah posting yang paling baru pada waktu
itu. Tidak memperdulikan apakah pengguna tersebut sering interaksi dengan Anda
atau tidak. Selain itu, seringlah saling follow dengan orang lain agar
akun Instagram Anda memiliki banyak pengikut.
Demikian strategi singkat yang dapat Kami sampaikan.