-->

3 Sosial Media Terbesar di Indonesia yang Cocok untuk Berjualan Online dan Strategi Penjualannya

Berbagai Icon Sosial Media di Indonesia (macword.com)

Di era digital seperti saat ini, sosial media sudah menjadi hal yang mainstream di kalangan masyarakat. Bahkan, sebagian besar orang menjadi sangat ketergantungan dengan keberadaan sosial media. Banyak orang yang sangat bingung ketika sosial medianya tidak bisa diakses atau mengalami gangguan. Dan tidak jarang ada yang sampai mengumpat, memarahi operator seluler, dan hal-hal konyol lainnya yang mereka lakukan. Padahal ketika dulu sebelum adanya sosial media, mereka tidak pernah melakukan hal-hal seperti itu. Di sisi lain, sosial media juga dapat menjadi ladang bisnis baru bagi sebagian besar orang. Karena begitu ramainya orang yang berada di sosial media, hal ini menciptakan peluang bisnis baru untuk mereka yang punya strategi dalam penjualan. Kemudahan cara berpromosi dan transaksi di sosial media menjadikan siapapun dapat berjualan dan bertransaksi di sosial media. Namun, tentunya semua ini butuh strategi. Tanpa adanya strategi, penjualan kita akan sangat lambat bahkan tidak menghasilkan sama sekali.
Pada kesempatan kali ini, Kami akan coba ulas beberapa strategi yang dapat Anda terapkan sesuai dengan kekhasan dari masing-masing sosial media yang ada. Karena setiap sosial media punya keunggulan dan kelemahan masing-masing, jika kita tidak jeli dalam mempertimbangkan fitur-fiturnya kita hanya akan dibuat menyerah dari berjualan di sosial media.
1.  Facebook
Tampilan Facebook (pcmag.com)

Facebook merupakan sosial media dengan pengguna terbesar di Indonesia. Tentunya ini menjadi nilai tambah bagi para pedagang online untuk menjual barangnya. Namun sayangnya karena terlalu banyaknya pengguna di Facebook, Anda harus cerdas dalam berpromosi di facebook. Jika Anda tidak ingin keluar modal banyak di Facebook, Anda bisa menggunakan metode nonpaid. Hanya saja Anda harus bersabar jika menggunakan metode ini karena kunci dari metode ini adalah Anda harus bisa menguasai edgerank di beranda Facebook Anda. Mudahnya, Anda harus bisa sering muncul di beranda teman-teman Facebook Anda. Untuk meningkatkan edgerank, hal yang harus Anda lakukan adalah membangun silaturrahiim yang baik dengan teman-teman Anda di Facebook. Bisa dengan cara menyapa pengguna yang sedang Online, berkomentar di status teman, dan juga mengucapkan selamat ulang tahun ketika ada yang ulang tahun. Selain itu juga, Anda harus banyak menjalin pertemanan dengan lebih banyak orang agar jualan Anda juga semakin banyak jangkauan.
Strategi kedua yaitu menggunakan strategi berbayar, yaitu menggunakan fitur Facebook Advertisement atau biasa disingkat FB Ads. Kunci dari metode ini adalah Anda harus menguasai demografi dan minat dari calon pembeli Anda. Dengan demikian Anda akan sukses berjualan di Facebook.
2.  WhatsApp
Tampilan WhatsApp Messenger (androidpolice.com)

Sebenarnya WhatsApp lebih sering digunakan untuk komunikasi secara personal dan grup-grup komunitas, namun semenjak adanya fitur baru berupa “Status”, WhatsApp kini mulai banyak digunakan untuk berjualan. Saran Kami agar Anda sukses berjualan di WhatsApp adalah simpanlah nomor sebanyak-banyaknya teman Anda yang memiliki akun WhatsApp, setelah itu bangun komunikasi dan hubungan baik dengan mereka. Karena di WhatsApp, orang yang bisa melihat status kita hanya orang yang sudah menyimpan nomor kontak kita dan kita juga sudah menyimpan nomor kontak mereka. Setelah itu, barulah Anda persering melakukan promosi di fitur Status WhatsApp. Dan rekomendasi Kami, produk yang Anda jual di WhatsApp adalah produk yang dibutuhkan oleh sebagian besar teman Anda, bukan produk yang hanya laris di pasaran karena berjualan di WhatsApp sepertinya masih semi Online.
3.  Instagram
Tampilan masuk instagram (androidtipster.com)

Sosial media terbesar di Indonesia selain Facebook dan WhatsApp adalah Instagram. Sosial media ini lebih fokus pada gambar dan video. Rekomendasi Kami agar Anda sukses berjualan di Instagram adalah berkaitan erat dengan waktu posting dan jumlah follower. Anda harus perhatikan benar kapan waktu yang tepat untuk posting jualan karena tidak seperti Facebook yang menggunakan edgerank, Instagram menggunakan timeline untuk menampilkan kontennya, jadi yang paling atas di beranda pengikut Anda adalah posting yang paling baru pada waktu itu. Tidak memperdulikan apakah pengguna tersebut sering interaksi dengan Anda atau tidak. Selain itu, seringlah saling follow dengan orang lain agar akun Instagram Anda memiliki banyak pengikut.
Demikian strategi singkat yang dapat Kami sampaikan.